Senin, 26 Maret 2012

Selamat Jalan Lelaki Tuaku… (Pulanglah dengan Senyuman)

1332333559770713187sayup-sayup suara masih terdengar dari balik kesakitan yang tertahan. rintihan dan  segala rasa beliau sembunyikan dari balik tatapan nanarnya.dengan nafas yang tersengal-sengal lalu beliau terbangun dari alam bawah sadar setelah beberapa saat di bacakan ayat suci Al-Qur’an. sesendok air putih pelan-pelan saya masukkan kemulut beliau. seteguk demi seteguk saya rasa mungkin bisa menyegarkan kerongkongan beliau. lalu lelaki tuaku berkali-kali menatap disekelilingnya, semua anggota keluarga berkerumun disamping pembaringan beliau. dengan perasaan gelisah dan takut kehilangan masih menggelayut di dinding hati, namun hanya dengan cara ikhlas lah mungkin jalan satu-satunya untuk meringankan bahkan melepas segala kesakitan yang beliau derita. setelah beberapa saat.. reaksi beliau menunjukan ajalnya telah sampai. tak lepas saya perhatikan raut wajahnya dengan isak tangis yang masih tetap tak tertahankan. lalu.. lelakiku pergi. ya, lelakiku berpulang dengan raut wajah menyunggingkan senyum. Subhnallah.. Maha suci Engkau yaa ALLAH. kini lelakiku telah bersama Engkau.. lunas semua rasa sakit yang beliau derita selama ini. Wallahua’lam
ya, sebut saja lelaki tua ku.. karena memang sebutan itu sengaja dan sering saya sebut untuk kakek ku. seorang kakek yang amat sangat saya kagumi. dan mungkin.. hanya saya lah yang bisa merasakan betapa kehilangannya sosok lelaki tua itu. sedari kecil memang saya dekat dengan beliau. tinggal serumah.. dengan segala perhatian dan kelembutannya beliau mengurus sebagai pengganti dari kedua orang tua saya yang notabene terpisah. beliau mampu meredam amarah dengan sifatnya yang pendiam namun tegas, tak pernah sekalipun beliau bertindak kasar. walau sering saya berlaku tidak sopan dan kurang menghargai tindakannya. yaa Allah.. kini lelaki tua ku telah berpulang kesisiMu, dengan senyuman terakhir yang beliau sunggingkan semoga semua itu bertanda khusnul khotimah telah beliau dapatkan. berkali-kali saya bisikan kalimah syahadat walau dengan tetesan air mata yang tidak bisa tertahan. selamat jalan lelaki tuaku… pulanglah dengan senyuman, tidurlah dengan segala iringan do’a dari kami anak cucu mu. terimakasih atas semua cinta kasih dan segala pengorbananmu. Selamat jalan lelaki tua ku..
Nb : Bagi siapa saja yang membaca Tulisan ini Mohon Hadiah Alfatihahnya untuk beliau.

Alm. Bpk Syariffudin bin Rakwad

1332333588229192203

Tidak ada komentar: