Sabtu, 14 Mei 2011

~~ Diantara gelapmu.. ( siapa lelaki itu ?? ) ~~

Sekitar 2 bulan yang lalu saya dan juga saudara saya mengunjungi kediaman Om di daerah pondok gede, karena waktu itu hari sudah larut malam dan mungkin juga kedatangan saya itu tidak di inginkan oleh si empunya rumah ~_~ ( malem-malem bertamu ) tapi ga apa apa kok mii.. ga ada ruginya di datengin tante mii bagi sii kecil keponakanku evan. hiihih.. ( mulai deh.. PD nya ). ya, malam itu memang kita datang kurang lebih sekitar jam 11 an. menerobos gelapnya malam di antara angin yang tak berwujud namun begitu kuatnya menyentuh kulit.
setelah menghabiskan waktu sekitar 20 menit di perjalanan akhirnya sampai juga di kediaman keluarga kecil itu. dengan ruangan yang pas pasan ( pas asal bahagia ) ~_~ belum sempat saya mengetuk pintu, saya di buat tertegun oleh sesosok lelaki yang ada di depan rumah om yang saya lihat itu. ya, persis di depan rumah Om saya sejenak menatap lelaki itu dari kejauhan. betapa terkagumnya saya melihat sesosok lelaki yang sedang bersujud diantara kegelapan itu. tanpa lampu dan tanpa ruangan yang megah. ya, saya melihat lelaki itu sujud di depan teras rumah kecil dengan khusunya, seperti melentangkan kepasrahan dan juga pengharapan yang sangat ia munajatkan kepada Illahirobby. subhanallah... saat itu saya benar-benar merasa malu dengan diri saya ini. ya, betapa tidak malunya aku ??? sedangkan ia dengan segala keterbatasannya itu masih dengan kekhusuannya menghadap Illahirobby.

" Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji." (QS : Al-Isro' : 79).

"Laksanakanlah salat sunat di rumah kalian dan janganlah engkau jadikan rumah kalian itu seperti kuburan"  Hadis riwayat Ibnu Umar ra.


"Perumpamaan rumah yang tempat mengingat Allah dan rumah yang bukan tempat mengingat Allah adalah seperti perumpamaan orang hidup dan orang mati" 
 Hadis riwayat Abu Musa ra.

"Tuhan kita Yang Maha Suci lagi Maha Luhur setiap malam turun ke langit dunia ketika malam tinggal sepertiga terakhir. Dia berfirman: Barang siapa yang berdoa kepada-Ku, maka Aku akan kabulkan permohonannya. Dan barang siapa yang memohon ampunan kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya" Hadis riwayat Abu Hurairah ra.
" Ya Allah, segala puji bagi-Mu. Engkau adalah cahaya langit dan bumi. Segala puji bagi-Mu. Engkau adalah pemelihara langit dan bumi. Segala puji bagi-Mu. Engkau adalah Tuhan langit dan bumi serta semua yang ada padanya. Engkau adalah yang hak, janji-Mu adalah hak, firman-Mu adalah hak, perjumpaan dengan-Mu adalah hak, surga adalah hak, neraka adalah hak, hari kiamat adalah hak. Ya Allah, kepada-Mu aku berserah diri. Kepada-Mu aku beriman. Kepada-Mu aku bertawakal. Ke pangkuan-Mu aku pulang. Kepada-Mu aku mengadu. Dengan (nama) Mu aku memutuskan. Maka ampunilah aku, ampunilah dosa-dosaku, baik yang telah lewat maupun yang akan datang, yang aku lakukan secara diam-diam maupun yang terang-terangan. Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau ". Hadis riwayat Ibnu Abbas ra.
tanpa di sadari setelah saya pulang dari kediaman rumah om itu, di perjalan saya seperti terbius oleh apa yang sudah saya lihat malam itu. ya, sejenak hati kecil saya mulai usik. siapa lelaki itu ?? lelaki tua yang sudah saya lihat barusan, antara percaya dan tidak. Subhanallah... semoga apa yang menjadi pengharapannya di dunia ini bisa terwujud dengan wajah ke takwaannya kepadaMu ya robby. Amin amin amin ya robbal alamin.. 

dan kira-kira seminggu yang lalu saya kembali mengunjungi kediaman om, saya tidak melihat sosok lelaki tua itu lagi. akh...padahal saya ingin sekali bertemu dengannya lagi. walau tanpa bicara dan santun salam. hanya ingin sekedar memandanganya dari jauh. ~_~ semoga lelaki tua itu kini selalu dalam penjagaanMu Illahirobby. Amin... 

dengan cahaya yang tanpa gemerlap lampu.. ia hadirkan sejuta bahkan beribu-ribu cahaya Illahi dari keimanannya, dan dengan petakkan rumah yang ia jadikan istana keislamannya. dengan segala pengharapan ia jadikan sebagai benteng keikhlasannya. dengan segala tangis ia jadikan pelebur segala dosanya. 


( Siapa lelaki itu ?? )

(Owmy syariffudin ATR)

Tidak ada komentar: