Jumat, 24 September 2010

Saat terakhir

“Aku ngga mau tau! Pokoknya aku mau kita putus!” Tegas Nanda setengah berteriak
”Tapi kenapa kita putus Nda?” Jawab Aldy
”Gw udah punya orang yang lebih baik dari lo!”
”Tega kamu sama aku! Kamu tau aku sayang kamu kan?” Tanya Aldy
”Tau.Tapi gw ga comfort sama lo!”
”Kenapa kamu baru bilang sekarang?Kenapa kamu baru bilang pas aku dah sayang banget sama kamu?” Tanya Aldy emosi.
-Nanda merasa bersalah-
”Intinya lo dah tau gw engga sayang sama lo. Anggep aja engga pernah terjadi apa-apa diantara kita!makasih.” Jawab Nanda meninggalkan Aldy
Aldi mengejar Nanda dan memegang tanggannya.
”Tunggu, kamu harus jelasin sama aku!Jadi selama ini kamu bilang sayang ma aku itu bullshit?Kamu bohongin aku?”
”Lepas! Jangan ganggu gw!” Nanda melepas genggaman Aldy dan pergi berlalu.
-At home
Kenapa Nanda ninggalin gw kaya gini?kenapa dia tega sama gw?Apa salah gw sampai dia tega sama gw?Apa? Tanya Aldy dalam hati.Aldy sangat sedih di putusin sepihak sama Nanda.
          Keesokan harinya Aldy melihat Nanda bermesraan dengan Anton yang tak lain dan tak bukan  adalah sahabat Aldy. Aldy sangat hancur.Separuh jiwanya hilang entah kemana. Dia tak punya semangat hidup dan meratapi hubungannya yang telah usai dengan Nanda.Andi inggin menghajar Anton. Tpi dia tidak bisa menghajarnya karena Anton sahabatnya..Sesampainya Aldy dirumah, dia ditegur oleh ibunya.
”Aldy,kamu dari mana sayng?ko lemes sih?”
”Aku putus sama Nanda mah.Dia selingkuh.”jawab Aldy
”O...Nanda, mama juga pernah liat dia sama cowo. Tapi mama engga bilang sama kamu Dy. Maaf ya sayang.” Jawab Ibunya.
”Yang aku engga abis pikir Nanda selingkuh sama Anton ma.”
”Anton sahabat kamu itu?”
”Iya.” Jawab Aldy lemas.
”Sudah lupain aja si Nanda. Kamu pasti dapat yang lebih baik dari Nanda. Lagi pula dia tidak sebanding dengan kamu. Dia wanita dari kalangan bawah.” Jawab ibu Aldy mempengaruhi.
”Iya ma.Aku akan lupain dia!” JAWAB Aldy tegas.
          Dari semenjak itu Aldy dan Nanda bila bertemu saling membuang muka, begitu pula bila Aldy bertemu dengan Anton. Rasa sayangnya berubah menjadi benci yang teramat dalam. Terlalu perih hatinya menerima kenyataan tersebut.
          Selang tiga minggu, Aldy mendapatkan pengganti Nanda. Mora nama wanita yang cantik nan anggung, lembut,serta lugu yang berhasil menarik hati Aldy.
”Ka Aldy...” panggil Mora.
”Apa Mora sayang? Jangan panggil ka Aldy dong, panggil sayang aja!” Jawab Aldy menggoda.
”Ih...Ka Aldy pagi- pagi gini dah genit ih.”
”Kan kita dah jadian, jadi panggilnya engga usah pake ka lagi ya!” pinta Aldi lembut.
”Tapi malu kakak.” Jawab Mora
”Kenapa harus malu?” Tanya Aldy.
”Engga enak aja bilang sayang-sayang gitu.”
”Coba panggil aku SAYANG!” Pinta Aldy
”Sa...aa..yang. Iya sayang.” Jawab Mora cepat karena malu.
          Aldy merangkulnya, meraka menjadi pasangan baru yang bahagia. Sedangkan Nanda menjadi cewe yang pemurung dan tidak terbuka sedang melihat kemesraan mereka dari kejauhan.
”Nandaaa” rangkul Anton.
”Apaan?” Jawab Nanda sewot sambil melepas rangkulan Anton.
”Galak amet mbak! Jealous ya?” Tanya Anton.
”Engga tuh! Biasa aja!” Jawab Nanda.
”Udahlah Nda, jujur aja sama gw! Keliatan tuh dari muka lo kalo lo lagi jealous.”
”Enggaaa.Udah dech lo jangan sotoy!” Jawab Nanda ketus.
”Nyeselkan mutusin Aldy sebihak?Kan dah gw bilang...
”Ah..stop sotoy lo!gw mau ngerjain pr.Minggir!” Potong Nanda.
Kriiiiiiinggg.....Jam pelajaran dimulai.
          Nanda yang sedari tadi tidak menyimak apa yang di terangkan oleh guru gelagapan karena ditanya.
”Ya,apa jawabannya Nanda?” Tanya Bu Her dengan logat batak yang kental.
”A? Anu bu...Em....” Gumam Nanda.
”Cepat Nanda!”
”Robert Hooke Nda.” Bisik Anton dari sebelahnya.
” em...Robert Hooke bu yang mengamati sel pertama kali dari sayatan gabus.” Jawab Nanda mantab.
”Lain kali dengarkan bila ibu sedang berbicara.” Perintah Bu Her.
”Lo kepikiran Aldy ya Nda?” Tanya Anton.
”Engga! Lagi ngantuk gw!” Jawab Nanda berbisik.
Kriiiiiiiingggg.....
”Ya anak- anak pelajaran hari ini cukup sampai disini.”
”Nton, maafin gw ya..”
”Maaf buat apa?” tanya Anton bingung.
”Gara-gara gw lo jadi musuhan sama Aldy” Jawab Nanda.
”O...iya ngga papa Nda. Kita kan temen. Harus saling ngebantu.”
”Terima kasih ya Nton.”
”Iya...Lo mau pulang ngga?”Tanya Anton.
”Engga Nton. Gw mesti kerja..hehe...”
”Ya udah ayo ikut gw aja! Gw anterin!” Bujuk Anton.
          Nanda memang bekerja untuk meneruskan sekolahnya. Dia pekerja keras karena kedua orang tuanya telah tiada sejak ia kecil. Dia bekerja di salah satu restoran.
”Misi mas.Ada yang bisa saya bantu?”  Tanya Nanda kepada seorang pelanggan yang ternyata itu Aldy.
”Yang,kamu mau apa?” Tanya Aldy kepada Mora.
”Aku mau steak sama orange juice. Kamu yang? Jawab Mora
”Aku sama aja dech sama kamu yang.” Jawab Aldy
”Steak 2, orange juice 2 ya mbak!”Pesan Aldy kepada Nanda yang hatinya sedang terbakar.
”Owh..iya mas. Steak 2, orange juice 2. Ada yang bisa saya bantu lagi? Jawab Nanda.
”Engga dech nanti aja.Jawab Aldy stay cool
          15 menit Aldy dan Mora menunggu.Ketika Nanda hendak menyuguhkan makanan tersebut, dia tersandung dan minumannya tumpah ke Mora.
”Ma..maaf ya mbak, saya ngga sengaja!” pinta Nanda
”Eh, Lo kalo bawa makanan yang bener dong!” Bentak Aldy
”Maaf mas saya ngga sengaja!” Nanda berusaha membela diri.
”Udahlah yang...Jangan marah-marah gitu!” Bujuk Mora.
Keributan ini membuat mananger restoran tersebut menghampiri.
”Maaf ya mas atas kecerobohan pelayan kami. Karena kecerobohannya, mbak dan mas mendapat free minuman.”
”Nanda, nanti keruangan saya!” perintah mananger itu.
*In mananger room.
”Kamu tau kesakahan kamu?”
”Tau pak. Saya menumpahkan minuman kepada pelanggan.” Jawab Nanda.
”Gara-gara kamu kita rugi hari ini. Gaji kamu saya potong!” Kata mananger tegas.
”Maafin saya pak. Lain kali tidak akan terulang lagi!” Jawab Nanda.
”Ya sudah sana keluar. Jangan diulang lagi kesalahan kamu!”Perintah mananger.
          Waktunya closing restoran dan pulang. Jauh Nanda berjalan, dia berjalan lunglai dari restoran tempat ia bekerja.Pikirannya entah berada dimana.Dia berusaha menghubungi Aldy,tetapi tidak di angkat. Padahal ia ingin meminta maaf atas kesalahannya memutuskan Aldy sepihak dan membuat Aldy sakit hati. Karena tidak di angkat,Nanda sms Aldy.
” Maafin gw Dy, gw tau gw salah sama lo.Tapi gw baru minta maaf sama lo sekarang.Semoga lo bahagia sama Mora.” Aldy membaca pesan singkat dari Nanda tersebut, tapi dia mengacuhkannya.
Nanda menghubungi Anton.
”Hallo Anton...Ni gw Nanda.” Nanda menangis.
”Lo kenapa Nda?Ko nangis?” Tanya Anton lembut.
”Bener kata lo Nton, gw nyesel mutusin Aldy. Tapi gw minta maaf sama dia, tapi ga ditanggepin.huhuhu...gw emang keterlaluan banget. Gw salah banget sama dia Nton.”
”Jangan nangis dong Nda, gw jadi sedih ney! Mungkin aja Aldy lagi sibuk atau udah tidur!” Jawab Anton.
”Huhuhu...isak tangis Nanda terdengar amat jelas dan ketia ia hendak menyebrang
”Tiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnn....Aaaaakkh..”
Nanda tertabrak mobil yang kecepatannya tinggi dan mobil tersebut meninggalkan Nanda yang tergeletak erlumuran darah dan dikelilingi orang.
”Nanda...Nd, lo ngga papa kan?Nanda jawab dong nan...”Tanya Anton panik di telepon karena tak ada jawaban dari Nanda.
Salah satu orang yang ada disana menemukan hp Nanda dan menjawab telepon masuk tersebut.
”Hallo..”
”Hallo..” Jawab Anton panik.
”Mas,ini temennya kecelakaan, dia ditabrak mobil.”  Jawab orang tersebut.
”Mas, tolong temen saya dibawa ke Rumah Sakit terdekat ya mas. Maaf ini posisinya dimana ya?” Tanya Anton gugup.
”Iya nas.ini kami sedang dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Mitra Bekasi.”
”Makasih ya mas.tuuuutt...” Jawab Anton dan langsung terputus pembicaraan.
          Ketika Anton dijalan sedang menuju Rumah Sakit,Hpnya berdering karena mendapat telpon dari nomornya Nanda.
”Hallo mas. Maaf teman anda sudah tiada..” kata orang di seberang sana.
”Apa?” Anton shock tak bisa berbicara apa- apa.
”Hallo ma...”
” Ya mas, makasih ya. Saya sedang di jalan menuju rumah sakit.” Jawab Anton sedih.
Tuuuuuuutt...
Anton berusaha menelepon Aldy, tapi tidak di angkat karena Aldy sedang bersama Mora dan Anton mengsms Aldy.
”Dy, Nanda udah ngga ada, Dia kecelakaan tadi jam 9.00. Sekarang dia di Rumah Sakit Mitra.”
          Aldy shock bukan main karena 2 jam yang lalu Aldy menerima sms dari Nanda.Dia amat menyesal karena tidak memaafkan Nandasaat itu juga.Aldy juga langsung melesat ke Rumah Sakit. Di sana ia bertemu dengan Anton yang sedang sedih.
”Nton, Nanda bener dah ngga ada? Sabar ya Ton.” Tanya Aldy hati- hati.
”Di luar aja ngomongnya!” Jawab Anton.
Di luar Anton menghajar Aldy.
Buaakzz
”Lo kenapa mukul gw?” Tanya Aldy ngga terima.
”Itu karena lo bego! Nanda tuh minta maaf tulus ke elo, tapi malah ngga lo tanggepin. Kelewatan lo!” Jawab Anton cepat.
”Gw terlalu sakit sama lo berdua!” Jawab Aldy memukul balik.
”Lo sakit, Nanda lebih sakit! Dia mutusin lo gara- gara nyokap lo neken dia terus. Ngerti lo?”
”Nyokap gw?” Tanya Aldy bingung.
”Iya Nyokap lo neror Nanda biar ngejauh dari lo! Puas lo dia udah ngga ada?”Buaaaakk...”
”Jadi selama ini yang ngebuat semua ini ngga karuan nyokap gw sendiri?”
Menetes air mata Aldy tak tertahankan kehilangan Nanda dan mendengar penjelasan Anton yang tak pernah menjadi pacar Nanda.
”Sabar Dy, Nanda dah pergi.Maafin aja dia biar tenang!” Pinta Anton menenangkan sahabatnya itu.
*Keesokkannya hari di pemakaman.
”Maafin aku ya Nda, aku ngga tau apa yang kamu lakuin buat aku. Aku minta maaf dah ngeganti kamu sama Mora padahal kamu dah berkorban buat aku. Maavin aku juga karena aku ga bisa ngebahagiain kamu di saat- saat terakhir kamu.”

Tidak ada komentar: