Jumat, 24 September 2010

Bandung, 15 Mei

“Cia, udah kamu beresin tuh barang-barang kamu?” tanya Mama sehari sebelum keberangkatan kita menuju rumah baru (sombongnya).
            “Udah kok, Mam.. Cia dah beberengkes semua barang-barang Cia” jawabku mantap.
            Rencananya kita mau pindah karena rumahku yang ini lokasinya agak jauh dari sekolah yang mau aku tempati nanti. Maklum aku kan baru saja kemarin dapat kabar gembira kalau aku diterima di Sekolah Menengah Atas yang aku mau. Sebenarnya aku juga agak ngotot sih ke Mama Papa buat acara pindah rumah ini, karena awalnya Mam Dad gak ngijinin aku buat sekolah disana. Tapi kalau pada akhirnya kita gak pindah, masa aja aku tiap hari bulak-balik Jakarta-Bandung hanya buat sekolah? Hahaha. Aku memutuskan memilih sekolah di Bandung cz katanya sih sekolah di Bandung bagus. Sepupu aku aja yang dulu sekolah di Bandung sekarang jadi sukses. Siapa tahu aku bisa ngikutin jejaknya. Hihihiw.
J J J
            Heloooo? Siapa yang gak tahu? Hari gini tuh lagi ngetrendnya jejaring social facebook. Lagi naik daun lah facebook! N aku, seorang Sisilia Putri Lie, punya hobby banget yang namanya update status dan maen wtw-an (wall-to-wall) sama temen-temen. Pokoknya setiap hari setiap jam aku gak pernah ketinggalan buat nongkrong depan layar. Boh layar kompie, boh layar HP. Banyak testimony asem dari temen-temen maupun keluarga, dari mulai Mama, Papa, Kak Dido atau si Ade Achi sekalipun.
            “Si Cia nih, maen facebook-an terus, ati-ati loh jadi korban kopi darat BARU TAU RASA!”
            “Husss!”
“Anak Mama kayak orang udik baru tau facebook aja!”
“Kalo kamu terus yang nge-net, kaka kapan dong? banyak tugas nih!”
“Kakak, ntu apasih? Facebook ya? Mau dong ka bikinin Achi. Kalau udah anterin  ke kamar ya! Biar besok Achi bawa ke sekolah…”
Haaa, dasar bocah tengil!
Selain ngomel-ngomel terus ke aku, ternyata adik dan kakakku juga laporan sama Mama tentang kelakuan pemalesan yang aku lakonin. Gak jarang aku harus merogoh kocek dalam (kayak shopping ajeh..) hanya sekedar tuk jadi selotip mulut mereka, biar gak comel ke Mama ataupun Papa. Hehe. Tapi lama-lama metode tutup mulut itu udah gak jaman lagi semenjak Kak Dido mengecap bangku kuliah. Ya…namanya juga kuliah, alesan banyak tugas lah, ini lah, itu lah, skripsi lah (padahal sidangnya masih seabad lagi). Hingga akhirnya, semenjak saat itu, Mama lebih memperketat aktivitas nge-net aku, dan aku hanya diijinkan nge-net hari Sabtu dan Minggu DOANG! Huh. Asin.
J J J
Rumah baruku. Oooh, rumah baruku. Peraturan nge-net Sabtu-Minggu itu gak jaman lagi. Disini, rumah baru GITU LOOOCH!!! Sekolah baru pula. Berhubung sekolah yang aku masuki ini terbilang cukup papan atas, Mama ingin ngasih something nih untuk keberhasilanku kali ini J. Aku tentunya gak mau nyia-nyiain kesempatan emas ini. mama bilang aku boleh minta apa aja. Setelah pikir panjang dan bersemedi (hoooooooo!), pada akhirnya aku memutuskan untuk minta pasang modem buat kompie pribadiku. Karena Mama udah janji, jadi skak mat deh buat Mama! Hahaha! (ketawa licik)
Aku agak ngerasa beda sama rumah baruku yang sekarang ini. Dulu kan aku tinggalnya di pemukiman warga gitu (yaiyalah, masa pemukiman satwa). Tapi, sekarang aku tinggal di tempat yang sedikit bergengsi (cieeeh!). ya, di perumahan alias kompeuleks dina basa Sunda mah. Aku harus pinter-pinter adaptasi nih kayaknya. Lebe!
“Mam, kenapa sih kita pindah  ke tempat kayak beginian? Cia kan jadi gak bisa akrab ma tetangga kayak waktu dulu….” protes aku.
“Alaaaah...banyak protes kamu! Akrab sih akrab tapi Mama malu kalo kamu salah ngambil jemuran. Jemuran tetangga digaet juga, apalagi ni underwear. Malu kan Mama…”
Ngek-ngok..! Emang sih kalo yang satu ini emang penyakit aku. Hehe. Suuut ah! Aku kan jadi malu. Hiekhiek.
Seminggu, dua minggu, aku dah mulai bisa terbiasa dengan betah tinggal di perumahan. Lha iya, gimana enggak? Wong sekarang betah terus nongkrong depan kompie. Tapi aku belum bisa ngenal-ngenal deket ma para tetangga sekitar. Kuper lo, Cia! Karena kesibukan bertetangga di sekitar rumah gak aku geluti kayak waktu dulu, sekarang aku malah jadi eksis, narsis dan gahol abis di dunia maya –khususnya di jejaring social facebook. Sekarang aku jadi lebih banyak kenalan dan minta kenalan (hehe), sama orang-orang facebook. Iseng geeeeeela!
Tapi kawan-kawan, jangan salah. Dari situ aku jadi punya banyak kenalan. Dari mulai kalangan anak masih ingusan, sampe tante-tante atau om-om? Ada! Ibu-ibu or Bapa-bapa? Available! Dari mulai cewe, cowo, LENGKAP! Dari yang sekolahnya SD sampe yang nganggur, dari tukang becak sampe tukang anggur! Eh, salah ya.. Aaaah pokoknya komplit deh! Lebih komplit dari jamu pegel linu yang suka diminum sama Ibunya si penulis (looh, kok jadi gak nyambung?)
Balik ke facebook. Sama halnya seperti cowok kenalanku yang satu ini. Jaya, begitulah nama panggilannya. Aku tidak tahu nama asli si bocah kampung ini cz di facebook, dia pake nama samaran, alay pula. Asem! “Jaya 9oki3L bieZzZz”. Ih, jijik! (Tapi jijik-jijik masih diladenin juga). Katanya sih dia anak SMA di Bandung juga. Tapi yang jelas gak sesekolah ma aku. Yaeyalah, kalo sesekolah mah gak mungkin aku harus kenalan lagi sama dia. Setiap kali aku menanyakan nama aslinya, dia gak mau ngasih tau, coy! Katanya sih terlalu gokil. Huek!
“AcH, Udda Lakh, SieL! panggiL aJz akk Jaiia. App rBet.a sEe?! naMa asLikuu 2 tLaluu 9oKiL, U knoW??” komentar Jaya yang dia post di wall aku.
Selain pake nama yang alay itu, dia juga gak pasang foto asli dia! Jaaa, dia malah pake fotonya Dude Herlino di profilenya. Huek! Dia pernah sih ngirim foto aslinya ke email aku. Tapi percuma, gan! Dia difoto dari jarang kurang lebih sepuluh meter diatas permukaan laut dengan pose tutup muka dan berbalik badan pula, parah! Tapi itulah yang ngebuat aku jadi penasaran sebenernya Jaya itu seperti apa sih…??? Ditambah lagi kita tuh sama-sama suka apa-apa yang berbau India. Jadi kita makin kesini makin nyambung.
J J J
Di sore menuju malem yang cerah ini, tumben ada tamu yang ketok-ketok marmer. Eh, ketok-ketok pintu maksudnya.
“Assalamualaikum, assalamualaikum, assalamualaikum…!!!”
“Iya tunggu seben….”
Kata-kata aku terputus ketika membuka pintu dan ngeliat makhluk asing berdiri depan pintu.
“Cia, ini teh Cia? Cia kenalin nama saya Rifki, tetangga kamu. Tuh rumahnya!” ucap cowok culun itu sembari menyalami tanganku dan menunjuk sebuah rumah berpagar tinggi tepat di seberang rumah.
Aku segera melepas dan menjatuhkan tanganku dari genggaman tangannya.
“Ada apa ya?” tanyaku dengan sok memamerkan wajah heran.
 “Emmmh, gini Cia. Eh, punten ya kalau Rifki teh mengganggu sore Cia yang indah, ganggu waktu bersantai Cia. Tapi Rifki harap Cia gak ngerasa keganggu deh sama Rifki…blablablablablablablablaaa~~” perkataannya melebihi cerewet burung beo.
“IYA! Daripada waktu nyanteiku abis karena dengerin kamu konser, so to the point is better deh!”
“Minta uang koin? Bukan, Rifki mah bukan mau minta uang koin. Gini ya, Rifki teh mau minjem buku astronomi sekolah kamu. Boleh gak, Cia?”
“Emmm. Bo, boleh boleh.. tunggu bentar. JANGAN MASUK!”
Aku segera lari ke kamar tanpa nyuruh si Rifki culun itu untuk menginjak istana aku. Gak lama kemudian, aku muncul dari kamar dan nemuin Rifki sembari ngasih tu orderan (kayak rumah makan aja).
“Pantesan semalem aku mimpi keselek sandal cepit sebelah, nyatanya mau ketemu bocah culun kayak dia. Hieeeh!” aku merinding, bulu kudukku berdiri.
Malemnya, aku online. Ah udah schedulenya kali ntu mah, gak usah diomongin lagi. Tapi online kali ini terasa cukup istimewa cz….
Saat aku lagi online, aku liat si Jaya juga ternyata sama. Karena aku pingin berbagi cerita sama orang lain tentang pengalaman aku keetemu orang culun, saat itu juga aku cerita ke si Jaya, tentunya lewat facebook.

Sisilia Putri Lie > Jaya 9oki3L bieZzZz  Jay, tau gak loh? Tadi masa ada cowok culun n alay (lebih alay dri lo!) dateng ke rumah aku… ngaku-ngakunya tetangga sih. Tapi ah bodo amat punya tetangga culun kayak gitu. Mana dia minjem buku aku lagi.

Jaya 9oki3L bieZzZz > Sisilia Putri Lie  WiwiWh, mAcca? jHah, kMuu teGaa bnGetz sii, maZha bLank jAiia aLayz,,ni 2 9aHoL, tW!?
.
.
Eitzz, tUnddu,, jaNann gtU dLuw . ntArr Kmuph mLah jDi naksiRR loCh !!

Sisilia Putri Lie > Jaya 9oki3L bieZzZz  Hik, mending aku sama monyet garut dah daripada sama yang begonoan...

Jaya 9oki3L bieZzZz > Sisilia Putri Lie  amHa guW m0?
Eiiitzz, kTemuan nYok, siL ??

Sisilia Putri Lie > Jaya 9oki3L bieZzZz  Sudlo?
Ayo” aja sih kalo aku. Sembari ingin minjem mp3 india terbaru punya kamu! Hehe. 8uLeH kanD??
(Looh, kok aku jadi ikut-ikutan alay!)

Jaya 9oki3L bieZzZz > Sisilia Putri Lie  boL..b0Leh2 zHa tuW kaLow dPinjeMph ma kMu maKh. mWu kPhan kTemu.nHa? beCok yuPz? kMu Lbur kaNnd??

Sisilia Putri Lie > Jaya 9oki3L bieZzZz  Iya deh iya. Okedeh oke. Gimana kalo ketemunya di BSM? Di J’CO ya, kutunggu..

Jaya 9oki3L bieZzZz > Sisilia Putri Lie  Ok :) V, maPh eA kLo  jAm kAret, cz Akk bAnTu mMa mEtik-iN bUntut ToGe dLu bWt bKinn geHHu!

            Gak sempet aku bales lagi. Aku tidur. ZzZzZzZzZzZzZzZzZzZ…………
J J J
            Welcome, hari yang ditunggu telah tiba, 15 Mei. Tak ada gading yang tak retak, sungguh. Hari dimana yang kuanggap hari special, karena bisa dipinjemin mp3 india (bukan karena ngedate?). Hari itu, tepat banget pas aku mau pergi, ada yang ketok-ketok pintu. Eh dia, si cowok culun lagi. Dia mau ngembaliin buku yang waktu itu dia pinjem. Lebih lagi, Rifki lama banget nih namunya, betah kali ya stay di istanaku. Karena kelamaan, hingga akhirnya aku mutusin tuk ngusir Rifki cz aku gak mau telat ketemu si Jaya (gak mau telat ketemu atau takut gak dipinjemin mp3 india?)
            “Rif, sorry nih. Aku mau pergi. Aku dah ada janji ketemuan sama cowok. Kayaknya lo dateng disaat yang gak tepat deh. Aku gak bermaksud ngusir loh..” sepetku sambil  make sepatu cats ijo berharap si Rifki pulang (mengusih secara halus looo..)
            Rifki ternyata gak mau kalah.
            “Eh, sorry juga, Cia. Siapa juga yang mau lama-lama disini. Rifki juga mau ketemuan sama cewek, bleeee :p”
            “Idiiih, sombongnya. Cowok setampan tutup panci kayak kamu  bisa ketemuan ma cewek aja congkaknya dah kayak abis menang kejuaraan angkat aspal aja!”
“Lagian siapa bilang cowok sejelek aku ini gak bisa naklukin cewek. Lu aja yang kayak gagang katel, bleeeee!”
“Lu yang kayak tukang peuyeum……..!”
“Lu yang kayak gajah ngamuk…! Hahay! Dadaaah raja singaaa…!”
BRAAAAK!!! Si Rifki dobrak pintu rumah aku. Kurang ajar tuh anak! Huh!
Aku keluar rumah. Pamit sama Bibi di dapur. Jalan ke depan gerbang kompleks, dan… NAIK ANGKOT.
“Lu lagi? SARAP!” ucap aku reflex ditambah dengan kagetnya.
Ternyata di dalem angkot yang aku tumpakin itu ada si Rifkinya. Hari ini hari Rifki sedunia, ya?
“Situ mau ngedate dimana, Cia??”
“Bukan urusan kamu, Ki!”
Aku setting muka sinis, jutek n asem ma dia. Sepanjang perjalanan menuju tempat tujuan, suasana angkot kayak kuburan. Terus yang paling asem itu masa ada penumpang yang ngira si culun itu pacar aku.
“Dek, suruh pacarnya duduk di dalem noh. Ndak mau jatoh kan?”
Pacar? Emang cocok ya, Bu? Hiiiii, merinding.
“KIRI!” ucap aku n Rifki ‘barengan’. Tanda kutip tuh, BARENGAN!
Aku gak tau kenapa kalau dia turunnya bareng ma aku di depan BSM. Masa orang culun tau BSM? -,-
Aku jalan masuk pintu utama BSM. Berharap si Rifki gak ngikutin (GR banget!). sempet dateng pikiran busuk di kepala aku.
“Jangan-jangan Rifki itu si Jaya? Ah, pokoknya jangan sampe orang yang aku maksud itu si culun.. Iiiiiih!”
Sesuai janji aku ma Jaya, aku duduk deh di salah satu bangku di Café J’CO (ceileeeh, belaga kaya banget!). Lantas aku SMS tuh si Jaya.

To       :           Jaya alay – Facebook
Jay, aku dah di J’co nih, kursi paling pojok. Pake baju kotak-kotak peach. Ditunggu :) cepet..!

Dut dut dut – dut dut dut…. (suara getaran HP aku, hehe)

From   :           Jaya alay - Facebook
Ok.

Satu menit, dua menit, belum ada tanda-tanda si Jaya bakalan dateng. Jadi kayak lagu BCL deh; sedetik menunggumu disini seperti seharian, berkali kulihat jam di tangan demi mengulur waktu, tak kulihat tanda kehadiranmu yang semakin meyakiniku, kau tak datang.. Loh kok malah nyanyi? Back to Jaya. Dari situ aku yakin, kalau Rifki tuh bukan Jaya. Why? Cz kalau Jaya itu si Rifki, sekarang pasti dia udah nemuin aku.
“DOOOOR!!!! Sisil?”
Ada seorang yang ngagetin aku dari belakang. Do you know? Itu Rifki! Mataku langsung melotot, gigiku  nyengir, mulut aku mangap, n idung aku serasa mau terbang-kembang kempis gitu deh. Bayangin betapa jeleknya muka seorang Sisilia Putri Lie waktu itu. Lebih buruk rupa dari dodol gosong kali ya.
“Lo Jaya? Lo Jaya facebook?”
“Kamu Sisil? Sisilia?”
“Iya, aku Sisilia. Lo bukan Jaya, kan?”
“Aku Jaya, kok. RIFKI WIJAYA OHO-OHO… Lo kan Cia, nyet!”
“Iya Cia ntu panggilanku. Nama asliku ya Sisilia Putri Lie, nyit!”
“Jadi selama ini…..”
“APA? Hiiiiihhhh….!!!”
Aku n Jaya alias Rifki culun itu saling sindir. Semua orang disini pada ngeliatin kita. Buseeet! Malu, malu deh, daripada aku disangka cewek tukang peuyeum.
Tanpa aku suruh, si Rifki duduk di depan bangku tempat aku duduk.
“Palalu peang, nyit! Ngapain duduk?!”
“Kan kita mau ketemuan, Cia…! Hm, terus kamu jadi kan mau minjem mp3 aku? Hehe” si Rifki mulai genit.
Aku gak ngejawab omongan dia. Hiek, dengerinnya juga males. Dalam keramaian J’CO aku berdoa.
“Ya Tuhan, semoga aku lagi mimpii………!!!!!”

Tidak ada komentar: